Inilah Cara Memulai Ternak Ikan Lele

Step mengawali ternak ikan lele adalah garis-garis luas step mengawali beternak ikan terlebih ikan lele, akhir-akhir ini terkait yg amat well-known adalah ternak lele sangkuriang. Keunggulan untuk sangkuriang terkait adalah ketahanannya dalam bervariasi bentuk penyakit serta kecepatan pertumbuhannya yg mempesona. Eksploitasi lele sangkuriang terkait ekspress, di dalam three bulan seseorang peternak sudah dapat perbuat panen ikan lele ukuran yg benar tuk dalam jual dalam tragar. Bibit lele sangkuriang gampang dihasilkan, nyaris seluruhnya écouvillon benih ikan memiliki pemerintah kawasan jual bibit ikan lele sangkuriang terkait. Harga bibit ikan lele sangkuriang pun terhitung murah dimulai untuk Rp 50/ekor.

Cara Ternak Ikan Lele

Langkah mengawali budidaya ternak ikan lele ini nyaris sama juga dengan ternak lele jumbo, yang diperlukan yaitu seperti berikut :

  • Lahan yang akan dijadikan kolam untuk ternak lele sangkuriang, 1 m bujursangkar idealnya bisa menampung 200 bibit ikan lele. Wadah, wadah disini dalam artian anda ingin memlihara lele di tempat yang bukan kolam, seperti drum, tong, bak dan sebagainya, aturan ukuran idealnya tetap sama dengan memelihara lele di kolam.
  • Air yang mengandung plankton untuk pakan ikan lele terutama untuk benih yang baru masuk kolam. Cara mendapatkan air yang mengandung plankton ini dibutuhkan pemupukan kolam dan pemberian kompos kotoran ruminansia yang direndam selama seminggu hingga warna air berubah menjadi kehijauan.
  • Atap, ternak lele sangat membutuhkan atap yang melindungi kolam lele dari masuknya air hujan. Air hujan memiliki kandungan asam yang tidak baik untuk kesehatan ternak lele, biasanya di kolam terbuka tingkat kematian ikan lele lebih tinggi daripada kolam yang tertutup atap.
  • Bibit lele sangkuriang yang sehat, setiap membeli bibit ikan lele perhatikan kondisi bibit ikan tersebut, yang perlu diperhatikan adalah gerakan bibit, sebaiknya gerakan bibit ikan terlihat lincah dan normal, badan yang sempurna; perhatikan seluruh badan bibit ikan lele apaka terdapat lecet-lecet atau tidak, biasanya bibit ikan lele yang dikirim dari jarak jauh sering kita temukan lecet pada sekujur tubuh bibit lele seperti ini kualitasnya tidak baik.
  • Pakan, pakan harus disiapkan sedini mungkin baik dalam betuk pelet ataupun konsentrat yang dibuat sendiri.

Deskripsi singkat cara ternak lele: tuk persediaan lingkungan tuk beternak (kolam / new tong/tanga / drum), sterilisasi kolam ikan tersebut oleh disinfektan lalu biarlah bakalan kolam ikan lele semasa three hari di dalam situasi kering, kerjakan pemupukan dan peng-komposan oleh kotoran sapi biarlah kering sepanjang three hari, kemudian isi air flow dan biarlah sepanjang 1 minggu hingga air flow berhijrah warna hijau kehitaman yg mengisyaratkan sudah nyata melimpah jasad renik tuk pakan bibit ikan lele. Sesudah 1 minggu masukkan bibit ikan lele kedalam kolam dan \ teratur pantau eksploitasi ikan lele tersebut serta kontrol pemberian pakan.

Artikel terkait terkadang kami apply singkatnya agar pembaca dapat memahami plan fundamental ternak lele dan ngakl jemu di dalam membacanya. Segitu tertentu untuk administrative, serta terimakasih saya harap sukses kerap tuk kamu. Tuk guide budidaya hewan lainnya ayo buka guide berkategori Budidaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar